Contoh-Contoh Hikayat dan Analisis Unsur Intrinsik Ekstrinsiknya

Bagi kalian yang sedang membaca artikel ini, saya dapat pastikan bahwa kalian sedang mencari contoh-contoh hikayat lengkap dengan unsur intrinsik dan ekstrinsiknya. Alasan kalian utuk mencari contoh hikayat beserta unsur intrinsik dan unsur ekstrinsiknya pastilah sangat beragam, entah itu merupakan tugas dari sekolah yang diberikan oleh guru kalian, kebutuhan dalam penelitian/tugas kuliah, ataupun kalian hanya iseng-iseng saja mencarinya di kolom pencarian mbah google untuk menghabiskan waktu luang kalian.
Contoh Hikayat Beserta Unsur Iintrinsik Dan Unsur Ekstrinsiknya
Kembali lagi ke topik awal, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh hikayat yang lengkap dengan analisis unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik dalam hikayat tersebut. Sebelum melangkah ke pembahasan utama, saya akan memberikan sedikit pembahasan yang terkait dengan hikayat dan unsur intrinsik/ekstrinsik hikayat.

Hikayat merupakan salah satu karya sastra melayu klasik yang memiliki keunikan pada gaya bahasa yang digunakan di dalamnya. Umumnya hikayat ditulisakan dengan menggunakan bahasa melayu klasik dan menceritakan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang yang dilengkapi dengan bumbu keanehan, kesaktian ataupun mukjizat yang dimiliki oleh tokoh utama. Hikayat sendiri awalnya dibuat dengan tujuan sebagai bacaan penghibur diri, pelipur lara dan meningkatkan semangat juang.

Penulisan hikyat memiliki keunikan-keunikan tersendiri tergantung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang berpengaruh di dalamnya. Unsur intrinsik biasanya berasal dari pengaruh penulis yang dituangkan  kedalam hikayat tersebut yang pada akhirnya membentuk sebuah tema, tokoh dan penokohan, alur cerita, latar/setting, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat. sedangkan unsur ekstrinsik biasanya berasal dari luar penulis (nilai-nilai sosial yang terdapat lingkungan sekitar/hasil pengamatan). hal tersebut pada akhirnya akan membentuk nilai nilai khusus pada hikayat penulis seperti nilai moral, nilai keagamaan, nilai sosial, dan nilai budaya.

Jika anda masih kesulitan dalam melakukan analisis unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik hikayat, cobala untuk membaca artikel lainnya dari blog ini yang berjudul Cara Menentukan Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Hikayat. Disana sudah dijelaskan secara rinci mengenai pengertian hikayat, karakteristik hikayat, serta unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik hikayat.

Oke begitulah pembahasan sekilas tentang hikayat beserta unsur intrinsik dan unsur kestrinsiknya. selanjutnya silakan simak contoh-contoh hikayat beserta unsur intrinsik dan unsur ekstrinsiknya yang disajikan di bawan ini:




  • Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Hikayat Raja-raja Pasai 
  • Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Hikayat Sang Boma
  • Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Hikayat Seribu Satu Malam
  • Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Hikayat Si Miskin
  • Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Hikayat Sri Rama
Demikianlah kumpulan contoh-contoh hikayat beserta unsur intrinsik dan unsur ekstrinsiknya yang dapat saya bagikan. Semoga contoh-contoh tersebut dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di kolom komentar.

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini. Berkomentarlah secara sopan dan tidak melakukan spam.