Tabel Perbedaan Bentuk Susunan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Isi artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dalam bentuk tabel. Selain itu juga terdapat uraian yang menjelaskan perbedaan antara pengertian sel hewan dan sel tumbuhan secara singkat. Uraian tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di bandingkan dari segi karakteristik dinding sel, vakuola, plastida, lisosom, sentrosom, dan sitoskeleton.

Perbedaan Pengertian, Ciri Serta Bentuk Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan merupakan dua jenis sel yang berbeda. Walaupun sel hewan dan sel tumbuhan ini sama-sama merupakan sel penyusun dari makhluk hidup yang ada di bumi, keduanya memiliki struktur susunan sel yang membedakan antara keduanya. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan ditinjau dari segi pengertian dan bentuk selnya yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi sel hewan dan sel tumbuhan.

Pengertian Sel Hewan

Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada.

Sel hewan termasuk kedalam sel eukariot karena memiliki membran inti sel. Sel hewan juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan sel tumbuhan. Selain itu apalagi ciri-ciri yang terdapat pada sel hewan? Dan apa saja spesialisasi dari sel hewan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak dan pahami pembahasan ciri ciri dan bentuk sel hewan dibawah ini.

Ciri dan Bentuk Sel Hewan

Berikut merupakan ciri-ciri yang dimiliki sel hewan, yaitu:

  • Tidak memiliki dinding sel dan tidak memiliki plastida.
  • Bentuk sel tidak tetap.
  • Sama seperti sel tumbuhan, sel hewan juga memiliki vakuola namun ukuran nya lebih kecil dan hampir tidak terlihat.
  • Memiliki sentriol yang tidak ditemukan pada sel tumbuhan. Sel hewan memiliki dua sentriol di dalam organel sentrosom. Saat terjadi pembelahan sel, masing-masing sentriol saling memisahkan diri menuju kutub yang berlawanan dan membentuk benang-benang yang akan menempel dengan kromosom.

Sel hewan tidak memiliki dinding sel, sehingga sel tersebut memiliki banyak variasi bentuk. Untuk mempertahankan keutuhan selnya, sel hewan memiliki modifikasi berupa sitoskeleton dan matriks ekstraselular yang berfungsi seperti dinding sel bagi sel hewan. Untuk mengetahui penjelasannya lebih lanjut, mari kita simak penjelasan pada sub-bab di bawah ini. Berikut ini adalah contoh ilustrasi gambar sel hewan.

Tabel Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
Gambar Sel Hewan

Pengertian Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah kelompok sel eukariotik, sel eukariotik yaitu kelompok sel yang mempunyai materi genetik (DNA) yang dibaluti atau dibungkus oleh membran. Sel tumbuhan mempunyai struktur yang khas dibandingkan dengan sel eukariotik lain. Perbedaan yang paling mendasar yaitu bentuk sel tumbuhan yang kaku. Bentuk ini didapatkan dari dinding sel yang berada paling luar di sel tumbuhan. Dinding sel tersusun atas senyawa selulosa, pektin, hemiselulosa, dan lignin yang akan menguatkan struktur tumbuhan.

Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan adalah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. Fitur-fitur berbeda tersebut meliputi vakuola, dinding sel, plasmodesmata dan plastida.

Ciri dan Bentuk Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi, umumnya berukuran mikroskopis, artinya hanya dapat dilihat dibawah pengamatan mikroskop. Meskipun sel merupakan unit terkecil, namun di dalamnya masih terdapat bagian-bagian yang lebih kecil lagi dan berperan dalam melakukan aktivitas hidup sel itu sendiri atau disebut dengan organel.

Jenis organel pada sel tumbuhan bermacam-macam dan masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda. Organel-organel apa saja yang menyusun sel tumbuhan? Bagaimana karakteristik yang dimilikinya? Apakah fungsi dari setiap organel yang menyusun sel tumbuhan tersebut? untuk menjawab hal tersebut silahkan lihat uraian ciri-ciri sel tumbuhan dan gambar bentuk sel tumbuhan di bawah ini.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh sel tumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki dinding sel.
  • Memilki plastida (kloroplas, kromoplas, dan leukoplas).
  • Memilki vakuola yang besar.
  • Ukuran nukleusnya lebih kecil dibandingkan vakuola.
  • Bentuk selnya tetap.
  • Penyimpanan energinya dalam bentuk butiran pati.

Bentuk Sel tumbuhan adalah sebagai berikut:

Gambar Sel Tumbuhan
Gambar Sel Tumbuhan

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Susunan Tumbuhan Hewan
Dinding sel Ada. Dinding sel pada tumbuhan tersusun oleh bahan selulosa (polisakarida), kadang-kadang dilapisi oleh zat lignin (zat kayu) sehingga lebih kokoh dibandingkan dengan sel hewan, serta bentuknya tetap. Tidak Ada
Vakuola Ada. Vakuola pada tumbuhan bersifat permanen. Sel tumbuhan, terutama sel-sel parenkima dan kolenkima, memiliki vakuola yang besar yang diliputi oleh membran yang disebut tonoplas. Pada Protozoa juga terdapat vakuola, tetapi ukurannya jauh lebih kecil daripada vakuola tumbuhan. Tidak Ada
Plastida Ada. Plastida adalah organel yang berbentuk bulat, oval atau cakram yang mengandung pigmen/warna/kromatophora. Berdasarkan warnanya plastida dibedakan menjadi 3 macam yaitu:Kloroplas, Leukoplas, dan Kromoplas. Menurut fungsinya Leukoplas dibedakan menjadi:Amiloplas, proteoplas, dan Elaioplas. Tidak Ada
Lisosom Tidak Ada Ada. Lisosom sering ditemukan pada hati, limpa, otak, kelenjar tiroid, dan leukosit. Lisosom mengandung enzim hidrolitik. Funsi lisosom yaitu: Pencernaan intrasel, enzim di gunakan untuk menguraikan subtansi yang ada dalam sel. Autolisis, menghancurkan organel sel yang telah rusak
Sentrosom Tidak Ada Ada. Di dalam sentrosol terdapat dua sentriol, setiap sentriol mengandung satu batang yang tersusun dari 9 mikrotubulus. Sentriol berperan penting dalam orientasi arah pada saat pembelahan sel.
Sitoskeleton Tidak Ada Ada. Sitoskeleton berupa rangkaian benang yang terdiri dari silium dan flagellum. Fungsi sitoskeleton yaitu untuk menyokong dan mempertahankan bentuk sel. Sitoskeleton terdiri dari: Mikrotubulus: diameter 25 nm Mikrofilamen: diameter 7 nm Filamen: diameter 8 -10 nm

Meskipun hewan dan tumbuhan sama-sama memiliki eukariota, mereka berbeda dalam fitur karakteristik tertentu. Misalnya, sel tumbuhan mempunyai dinding sel yang berkembang dengan baik dan vakuola besar, sedangkan sel hewan tidak mempunyai struktur tersebut. Selain perbedaan dalam bentuk struktur, di dalam sel hewan terdapat sentriol dan filamen tengah dimana ini tidak ditemui di sel tumbuhan.

Ciri khas sel tumbuhan yaitu terdiri dari organel dan sitoplasma, dimana semua organel (kecuali inti sel atau neukleus) dan struktur subselular yang ada di dalam sitoplasma akan tertutup oleh membran sel atau dinding sel sebagai lapisan pelindung.

Itulah jawaban perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan lengkap. Semoga bahasan artikel tentang penjelasan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dalam bentuk gambar dan tabel ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa untuk meninggalkan jejak kalian di kolom komentar.

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini. Berkomentarlah secara sopan dan tidak melakukan spam.