Ciri-Ciri dan Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi tentang teks tanggapan. Materi yang diajarkan berupa menyusun teks tanggapan, struktur teks tanggapan, ciri-ciri teks tanggapan dan kaidah kebahasaan teks tanggapan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian teks tanggapan, ciri-ciri teks tanggapan dan kaidah kebahasaan teks tanggapan.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

Pengertian Teks Tanggapan

Pengertian teks tanggapan adalah jenis teks yang peruntukannya dibuat untuk menanggapi permasalahan. Biasanya sebuah teks tanggapan berisi kritikan yang bersifat pedas terhadap sesuatu hal.

Hal-hal yang bisa menimbulkan teks tanggapan erat kaitannya dengan kesalahan atau isu sosial yang berkembang di tengah masyarakat.

Selain berisi kritikan, teks tanggapan dapat juga berisi saran dan pujian terhadap sesuatu hal.

Adapun tujuan umum dari penulisan teks tanggapan ialah pemberian penilaian terkait kelebihan dan kekurangan sebuah teks, dengan dilengkapi saran.

Penilaian terhadap teks tanggapan harus mengindahkan unsur objektivitas, kesopanan, logis, dan kejelasan.

Ciri-ciri Teks Tanggapan

Pada teks tanggapan terdapat beberapa ciri khusus diantaranya: teks tanggapan memuat tanggapan-tanggapan terhadap fenomena atau peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat luas. Contoh teks tanggapan antara lain yaitu teks tanggapan tentang mimilih SMA atau SMK, tanggapan tentang polusi udara, tanggapan tentang keuangan dan perbankan, serta masih banyak contoh teks tanggapan lainnya.

Tentu saja fenomena atau peristiwa di tengah masyarakat yang diulas dalam teks tanggapan tersebut selalu disertai dengan fakta dan sejumlah alasan.

Selain itu, teks tanggapan juga mempunyai tiga struktur pokok, yaitu: evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.

Struktur Teks Tanggapan

1.Evaluasi

Bagian evaluasi bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca pada pendapat yang akan di sampaikan.

Bisa juga, menunjukkan dasar-dasar mengapa pendapatan di kemukakan. Pada bagian ini juga berisi tentang pernyataan umum yang di sampaikan penulis.

2. Deskripsi Teks

Bagian deskripsi teks bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan di sampaikand alam paragraf tanggapan kritis sehingga kesimpulan yang akan dicapai juga benar.

Kebenaran yang disampaikan dalam bagian deskripsi teks harus dianalisis, disusun, dan dikemukakan dengan mengadakan observasi, eksperimen, penyusun fakta, dan jelas pikiran yang logis.

Deskripsi teks merupakan bagian tengah teks  yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan

3. Penegasan Ulang

Bagian penegas ulang pendapat berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pada bagian deskripsi teks.

Penegasan ulang merupakan bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan di putuskan.

Kaidah-Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Kaidah kebahasaan teks tanggapan meliputi penggunaan kalimat kompleks, konjungsi, kalimat saran, kalimat kritik dan kalimat pujian.

1. Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas klausa utama dan klausa subordinatif.

Klausa utama lazim disebut induk kalimat, sedangkan klausa subordinatif lazim disebut anak kalimat.

Klausa utama dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang lepas yang tidak bergantung pada klausa yang lain. Sedangkan klausa subordinatif selalu bergantung pada klausa utama.

Tanpa kehadiran klausa utama, klausa subordinatif tidak dapat mengungkapkan apa-apa karena informasinya belum jelas.

Selain itu, klausa subordinatif merupakan pengembangan dari salah satu fungsi kalimat sehingga klausa ini hanya menduduki salah satu fungsi yang ada di dalam kalimat.

Oleh karena itu, hubungan antarkedua klausa dalam kalimat kompleks ini tidak sederajat atau tidak sejajar.

Contoh:

a. Supriyati tetap berangkat meskipun hari telah gelap.

b. Ketika hujan turun, Hermawan masih berada di atas bus.

2. Menggunakan Konjungsi

a. Konjungsi Penerang

Pengertian konjungsi penerang adalah kata sambung yang berfungsi menerangkan atau menjelaskan.

Konjunsi penerang itu antara lain: bahwa, yakni, yaitu, adalah, ialah.

Contoh: isi novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya bahwa kita harus pandai bergaul pada orang lain.

b. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang menerangkan unsur waktu.

Pada umunya, konjungsi temporal meliputi: sejak, semenjak, kemudian, akhirnya, dll.

Contoh. Sejak saat itulah pemahaman Hasan tentang agama mulai berubah.

c. Konjungsi Penyebaban

Pengertian konjungsi penyebaban adalah kata penghubung yang berfungsi menjelaskan hubungan sebab akibat. Konjungsi penyebaban antara lain: sebab, karena, karena itu, oleh sebab itu.

3. Kalimat saran

Istilah lain untuk kalimat saran adalah kalimat rekomendasi. Kalimat saran merupakan kalimat perintah yang bersifat fakultatif.

Maksud fakultatif adalah ini perintah dalam kalimat saran bersifat bebas, boleh diikuti boleh juga tidak.

Kata kunci untuk kalimat saran antara lain digunakan kata-kata seperti: sebaiknya, alangkah baiknya, alangkah lebih baiknya, hendaknya, semestinya, seyogyanya, seharusnya, dll,

Contoh : Hendaknya kita mau memaafkan kesalahan orang lain.

4. Kalimat Kritik

Kalimat kritik adalah kalimat berisi kritikan dengan mengungkapkan kelemahan dari sesuatu dan disertai saran perbaikannya.

Sasaran dari kalimat kritik itu adalah segi kelemahan atau kekurangan dari sesuatu baik itu ide, produk, atau lainnya.

Kata kunci yang biasa digunakan antara lain: perlu perbaikan, harus ditinjau lagi, kurang menarik, terlalu mahal, kurang enak, dll.

Contoh: Gagasan yang dilontarkannya perlu ditinjau kembali.

5. Kalimat Pujian

Adalah kalimat yang berisi pujian terhadap berbagai hal yang bersifat positif, baik, dan unggul.

Kata kunci yang bisa dijadikan pedoman adalah: baik, bagus, enak, menarik, menguntungkan, luar biasa, istimewa, dll.

Demikianlah artikel tentang teks tanggapan yang membahas ciri-ciri teks tanggapan dan kaidah-kaidah kebahasaan dalam teks tanggapan.

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini. Berkomentarlah secara sopan dan tidak melakukan spam.