Diagram Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Lengkap

Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sebelum kita membahas bagaimana sistem pencernaan manusia secara detail, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan? apakah fungsi sistem pencernaan? organ-organ apa saja yang membentuks sistem pencernaan? dan zat-zat apa saja yang berperan dalam proses yang terjadi dalam sistem pencernaan? khususnya yang terjadi dalam sistem pencernaan pada manusia.

Pengertian dan fungsi sistem pencernaan pada manusia

Sistem pencernaan makanan adalah sistem organ dalam makhluk hidup multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satu makhluk hidup dengan yang lainnya (manusia, hewan dan tumbuhan) bisa sangat jauh berbeda.

Secara spesifik, sistem pencernaan berfungsi untuk mengambil makanan, memecahnya menjadi molekul nutrisi yang lebih kecil, menyerap molekul tersebut ke dalam aliran darah, kemudian membersihkan tubuh dari sisa pencernaan.

Susunan organ dalam sistem pencernaan manusia 

Organ yang termasuk dalam sistem pencernaan terbagi menjadi dua kelompok:

  • Saluran pencernaan

Saluran pencernaan merupakan saluran yang kontinyu berupa tabung yang dikelilingi otot. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yang termasuk di dalam nya adalah : mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus serta usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh melalui anus.

  • Organ pencernaan tambahan (aksesoris)

Organ pencernaan tambahan ini berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dalam rongga mulut, kantung empedu serta kelenjar pencernaan akan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan. Gigi, lidah, kantung empedu, beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludah, hati dan pankreas.

diagram sistem pencernaan makanan pada manusia

Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia

Berikut pembahasan singkat tentang Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia :

Rangkaian pencernaan karbohidrat dalam tubuh manusia adalah karbohidrat → maltosa → glukosa. Pada umumnya, semua makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, dan roti mengandung karbohidrat yang di dalam saluran pencernaan dipecah menjadi maltosa dan kemudia glukosa. Dua molekul glukosa berikatan membentuk maltosa.

Protein yang dimakan akan dipecah menjadi asam amino. Protein yang dimakan akan dipecah hingga menjadi asam amino. Usus halus menyerap protein dalam bentuk asam amino yang akan langsung masuk dalam peredaran darah dan diambil oleh sel-sel tubuh. Usus halus tidak dapat menyerap protein dalam bentuk lain.

Di dalam saluran pencernaan manusia, lemak diserap dalam bentuk asam lemak oleh organ usus halus. Lemak dicerna sampai menjadi asam lemak untuk bisa diserap oleh usus halus. Sementara usus besar memproses sisa makanan yang tidak diserap untuk kemudian dibuang melalui anus.

Pencernaan karbohidrat di sepanjang saluran pencernaan dimulai di mulut yang berisi enzim amilase. Pencernaan karbohidrat dimulai di mulut karena air liur mengandung enzim amilase, yang ditandai dengan adanya rasa manis saat mengunyah nasi dalam waktu yang cukup.

Zat kimia yang berperan dalam membunuh bakteri yang terdapat pada makanan di dalam lambung dan membantu kerja enzim pepsin adalah HCl. Asam lambung (HCl) adalah zat kimia yang berperan dalam membunuh bakteri yang terdapat pada makanan di dalam lambung dan membantu kerja enzim pepsin.

Enzim lipase dihasilkan oleh organ pankreas. Pankreas menghasilkan enzim lipase untuk mencerna lemak menjadi gliserol dan asam lemak.

Berbagai bakteri pendukung pencernaan dijual dalam bentuk minuman probiotik di pasaran. Bakteri yang mendukung pencernaan ini hidup di dalam organ usus besar. Di dalam usus besar, hidup berbagai spesies bakteri baik yang diperlukan untuk membantu pencernaan makanan. Pada umumnya, bakteri membantu mencerna serat serta menghasilkan macam-macam vitamin dan mineral dari hasil metabolismenya sendiri yang diserap oleh tubuh manusia (inangnya).

Organ pencernaan yang tidak dilewati oleh makanan sepanjang saluran pencernaan, tapi berperan signifikan sebagai penghasil enzim pencernaan adalah empedu dan pankreas. Empedu dan pankreas merupakan penghasil enzim-enzim pencernaan utama. Enzim yang dihasilkannya disekresikan di usus halus. Jadi, empedu dan pankreas tidak dilewati oleh makanan.

Organ penghasil hormon insulin yang berfungsi untuk meregulasi kadar gula darah menjadi stabil adalah pankreas. Pankreas menghasilkan hormon insulin.

Di dalam air liur terkandung enzim yang dapat membunuh bakteri patogen yang dibawa oleh makanan yang kurang bersih. Enzim tersebut adalah lisozim.

Air liur mengandung enzim lisozim. Enzim ini dapat membunuh bakteri patogen yang terkandung di dalam makanan yang kurang bersih. Inilah sebabnya terkadang jika mendapat luka kecil di kulit disarankan untuk diberi air liur sebagai pertolongan pertama agar tidak terjadi infeksi.

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini. Berkomentarlah secara sopan dan tidak melakukan spam.