Cerita Inspiratif Bu Muslimah Hafsari dan Isi Informasi Cerita

Mulimah Hafsari atau biasa di panggil Bu muslimah merupakan tokoh yang terkenal di dalam cerita novel Laskar Pelangi karya andrea Hirata. Muslimah Hafsari merupakan tokoh guru dalam novel laskar pelangi yang kemudian difilemkan. Dalam novel disebutkan bahwa bu muslimah adalah guru yang mengajar di SD Muhammadiyah Gantong. Dedikasinya mendidik murid-muridnya di SD Muhammadiyah Gantong membuat pemirsa film dan pembaca novel Laskar Pelangi terkagum. Hampir seluruh adegan cerita dalam film laskar pelangi dibuat mirip dan sesuai dengan cerita nyata yang dialami oleh Bu Muslimah.

Bu Muslimah Hafsari Cerita Inspiratif

Bu Muslimah

Nama lengkap beliau adalah Muslimah Hafsari lahir di Dusun Rasau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, 27 Februari 1952, Muslimah Hafsari lahir dari pasangan KA Abdul Hamid dan Salma Syarif, menikah dengan seorang pegawai PN Timah bernama Hazali Ali.

Bu Muslimah adalah anak ke empat dari tujuh bersaudara, dan dari pernikahannya mempunyai 3 orang anak. Wanita lembut ini adalah pengajar pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka. Bu Muslimah merupakan salah satu tokoh yang di angkat dalam novel paling fenomenal di Indonesia "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata.

Kehidupan Bu Muslimah di SD Muhammadiyah

Lulus dari Sekolah Kepandaian Putri (SKP) Muhammadiyah pada usia 16 tahun dan mengabdikan dirinya untuk mendidik murid-murid di SD Muhammadiyah Gantung sekolah yang dirintis pendiriannya oleh kakeknya. Sejak diangkat menjadi PNS sekitar tahun 1986, Ibu Muslimah kemudian mengajar di SD Negeri 1 Desa Lintang Kecamatan Gantung hingga tahun 1989, lalu mengajar di SD Negeri 6 Kecamatan Gantung dari tahun 1989 hingga sekarang.

Bu Muslimah adalah figur guru yang pada akhirnya menginspirasi Indonesia, walaupun pada saat awal mengajar dulu beliau menerima gaji hanya sebesar Rp 7000,- per bulan atau bahkan kadang-kadang tidak menerima sama sekali. Tahun 2008, Bu Muslimah masih mengajar di SDN 6 Gantung, Belitung.

Muslimah muda ketika itu masih berusia 17 tahun. la muncul ditengah guyuran hujan yang hebat dengan sebuah pelepah daun pisang di tangannya. Ia terus berjalan membelah deras nya tetesan air hujan. Tujuannya ke SD Muhammadyah, disebuah kampung di Belitung.

Ia dapati beberapa murid berkumpul di sudut ruangan, menggigil dengan rasa khawatir gedung sekolah yang akan ambruk. Perempuan itu lantas menghampiri dan membuatnya merasa nyaman. ketika hujan mereda, pelajaran pun dimulai. Perempuan itu mengajari banyak hal, termasuk bagaimana memperjuangkan kebahagian. Kemiskinan dan segala keterbatasan fasilitas belajar bukanlah halangan untuk maju dan berprestasi.

Analisis Cerita Inspiratif Bu Muslimah

Apakah teks diatas termasuk teks cerita inspiratif? ya, cerita bu muslimah adalah salah satu jenis teks cerita inspiratif yang digabungkan kedalam teks biografi. Cerita inspiratif merupakan bentuk narasi yang lebih bertujuan memberi inspirasi kebaikan kepada banyak orang. Kisah inspiratif yang baik dapat menggugah perasaan, memberi kesan yang mendalam bahkan dalam tingkat yang lebih tinggi mampu membuat seseorang berjanji pada dirinya untuk menjadi seperti yang dibacanya.

Kisah Bu Muslimah memberikan isnpirasi kepada semua orang tentang dedikasi seorang perempuan muda dalam dunia pendidikan di Indonesia sejak masih umur 16 tahun demi menciptakan generasi muda penerus bangsa yang lebih baik.

Isi Informasi Dalam Kisah Bu Muslimah 

Berdasarkan teks cerita Bu Muslimah diatas, kalian bisa tuliskan isi/informasi yang sesuai dengan Bu Muslimah Hafsari. Berikut adalah isi informasi yang sesuai dengan cerita Bu Muslimah.

  1. Bu Muslimah Hafsari Lahir di Dusun Rasau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Belitung Timur pada tanggal 27 Februari Tahun 1952.
  2. Ayah Bu muslimah bernama KA Abdul Hamid dan Ibunya bernama Salma Syarif.
  3. Bu Muslimah menikah denngan pegawai PN Timah bernama Hazali Ali.
  4. Bu Muslimah memiliki 3 orang kakak dan 3 orang adik.
  5. Bu Muslimah memiliki 3 orang anak.
  6. Bu Muslimah adalah orang yang lembut.
  7. Bu Muslimah adalah pengajar pertama laskar pelangi dan paling berharga.
  8. Bu Muslimah adalah tokoh fenomenal dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
  9. Bu Muslimah pernah belajar di Sekolah Kepandaian Putri (SKP) Muhammadiyah.
  10. Bu Muslimah Mulai Mengajar di SD Muhammadiayah Gantng sejak usia 16 tahun.
  11. SD Muhammadiyah Gantung adalah sekolah yang didirikan oleh kakek Bu Muslimah.
  12. Bu Muslimah resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1986.
  13. Setelah menjadi PNS, Bu Muslimah kemudian mengajar di SD Negeri 1 Desa Lintang Kecamatan Gantung hingga tahun 1989.
  14. Bu Muslimah juga mengajar di SD Negeri 6 Kecamatan Gantung sejak 1989 hingga sekarang.
  15. Pada awal mengajar, Bu Muslimah hanya menerima gaji sebesar RP 7000,- per bulan dan terkadang tidak menerima gaji sama sekali.
  16. Pada usia 17 tahun, Bu Muslimah menerjang derasnya hujan lebat hanya berbekal sebuah pelepah pisang demi mengajar di SD Muhammadiyah.
  17. Kondisi sekolah SD Muhammadiaya Gantung pada saat itu cukup memprihatinkan dan hampir ambruk.
  18. Bu Muslimah mengajarkan banyak hal kepada muridnya-muridnya termasuk bagaimana memperjuangkan kebahagian. Kemiskinan dan segala keterbatasan fasilitas belajar bukanlah halangan untuk maju dan berprestasi.

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini. Berkomentarlah secara sopan dan tidak melakukan spam.