Cara agar Puasa Tetap Lancar Saat Pandemi Corona

Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan suci Ramadhan tahun 2021 ini akan dimulai pada hari Senin tanggal 12 April mendatang. Namun saat ini, kita masih berada di masa pandemi covid 19. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas tentang cara agar puasa tetap lancar di tengah pandemi corona dan cara menjaga puasa agar tidak batal selama bulan suci ramadhan. Karena selama bulan Ramadhan, seorang Muslim diwajibkan untuk mengubah kebiasaan makan mereka secara dramatis dengna cara berpuasa mulai dari waktu matahari terbit hingga matahari terbenam selama 1 bulan penuh.

Cara tetap lancar berpuasa saat pandemi

Cara agar Puasa Tetap Lancar Saat Pandemi

Apabila kita Ingin puasa tetap lancar di tengah pandemi Covid-19, maka kita bisa mengikuti beberapa saran yang dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berikut ini:

1. Penuhi Kebutuhan Gizi dan Air saat Berbuka

Memiliki kekebalan tubuh yang ekstra saat bulan Ramadan sangat diperlukan. Kekebalan tubuh dapat dipenuhi dengan cara memenuhi asupan gizi yang seimbang. Sistem kekebalan tubuh bukan sekedar untuk mempertahankan stamina yang diperlukan untuk beraktivitas, gizi yang cukup dapat meminimalkan risiko terinfeksi Covid-19.

Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan asupan gizi dan hidrasi saat berbuka. Cara mudah memenuhi asupan gizi tubuh yaitu melalui konsumsi makanan segar, bukan kemasan, serta menjaga asupan air putih setidaknya delapan gelas per hari.

2. Tetap Berolahraga

Berpuasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bisa bermalas-malasan seharian. Tetap lakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan selama berpuasa. Lakukan olahraga ringan dengan pembatasan secara intensitas dan jenis gerakan yang dipilih agar tidak mudah lemas. Aktivitas fisik seperti olahraga ringan penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Selama penerapan physical distancing masa pandemi covid-19, lakukan olahraga di dalam rumah saja atau mengikuti kelas online, seperti yoga atau aerobik di rumah. Olahraga juga bisa menjadi cara sehat untuk terhindar dari stres selama masa pandemi.

3. Hindari Rokok 

Tidak disarankan untuk merokok selama anda berpuasa disaat pandemi Covid-19 berlangsung. Hal ini di karenakan oleh perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Akibatnya, kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus corona dan menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa sebagaimana mestinya. 

4. Tetap Lakukan Physical Distancing dan Jaga Kebersihan Diri 

Selama bulan suci Ramadan rasanya tidak lengkap jika tidak beramal kepada orang yang membutuhkan (bersedekah). Jika ingin bersedekah, pastikan untuk tetap malakukan pembatasan fisik dan menjaga kebersihan diri. Misalnya seperti tidak menciptakan kerumunan, mengantre dalam jarak yang ditentukan, menggunakan pelindung diri seperti masker, menghindari menyentuh wajah, dan selalu mencuci tangan dengan air dan sabun.

Selain itu, physical distancing juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan kegiatan “ngabuburit” dan mengalihkannya dengan aktivitas lain di dalam rumah, serta melakukan salat tarawih dan ibadah malam hari lainnya di rumah saja. 

5. Jangan Paksakan Berpuasa Jika Sakit

Orang yang sakit, termasuk yang mengidap covid-19, tidak diwajibkan berpuasa. Selain itu, orang dengan kondisi jangka panjang tertentu seperti diabetes dengan komplikasi juga tidak diwajibkan berpuasa. Jangan memaksakan diri berpuasa jika sakit, sebab ini bisa saja memperburuk keadaan karena tubuh jadi tidak punya tenaga ekstra untuk melawan penyakit.

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini. Berkomentarlah secara sopan dan tidak melakukan spam.